Pemanfaatan dan Optimalisasi Sarpras
dalam Proses Pembelajaran
Oleh : Nusaibah Wafdana
Sarana dan prasarna Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam
mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu
yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha,
pembangunan, proyek). Dalam pendidikan sarana dan prasarana merupakan suatu
alat atau bagian yang memiliki peran sangat penting bagi keberhasilan dan
kelancaran suatu proses, termasuk juga dalam lingkup pendidikan. Sarana dan
prasarana adalah fasilitas yang mutlak dipenuhi untuk memberikan kemudahan
dalam menyelenggarakan suatu kegiatan walaupun belum bisa memenuhi sarana dan
prasarana dengan semestinya.
Pada umumnya masih banyak sekolah yang kurang memperhatikan fungsi dari
sarana dan prasarana itu sendiri. Banyak kesenjangan antara sekolah-sekolah dengan
fasilitas yang berbeda, banyak pula pendidik atau guru yang kurang memahami
akan pemanfaatan dan pengoptimalan dalam mengolah fasilitas-fasilitas.
Contohnya di suatu keelas yang sudah terdapat AC namun juga terdapat kipas
angin, ini adalah sebuah pemborosan dana yang harusnya bisa digunakan untuk
yang lain, juga di suatu kelas terdapat LCD beserta proyektor namun pada
kenyataannya banyak yang langsung menggunakan LCD yang disorot di tembok, tidak
memanfaatkan proyektor. Selain pada pemborosan, banyak juga pendidik yang
kurang mengetahui cara penggunaan fasilitas, seperti komputer, printer bahkan mesin
fotocopy yang akhirnya mempekerjakan orang lain untuk menggunakan fasilitas
tersebut.
Karena itu perlunya pemahaman kepada setiap
pendidik maupun tenaga kependidikan dalam pemanfaatan dan optimalisasi
fasilitas agar berlangsungnya pembelajaran yang efektif dam efisien serta pemanfaatan
yang optimal terhadap sarana dan prasarana di sekolah. Di sekolah terdapat
wakil kepala sekolah di bidang sarpras, yang bertugas dan bertanggungjawab atas
urusan sarpas di sekolah. Menurut saya, waka sarpras agaknya lebih
memperhatikan kondisi fasilitas baik di kelas maupun luar kelas di sekolah,
menambah yang perlu dan mengeluarkan yang tidak perlu agar tiap ruangan di
sekolah tampak efisien dengan penempatan fasilitas yang semestinya.
Komentar
Posting Komentar